Menu

Kaca Jam Tangan Kamu Berembun? Begini Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Jumat, Februari 22nd 2019.

Kaca Jam Tangan Berembun adalah hal yang paling menjengkelkan yang sering dialami oleh orang-orang, terutama yang tinggal di daerah curah hujan tinggi dan daerah yang dingin. Penyebab uap air bisa masuk jam tangan bisa saja karena kehujanan atau terendam air.

Namun jika tidak parah, embun dapat menghilang dengan sendirinya. Tapi, jika embunnya tak mau kering dan tidak hilang dengan sendirinya, bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat jam tangan Anda.

Berikut ini adalah 10 cara mengatasi kaca jam tangan yang berembun dengan mudah:

1. Jemur

Cara menghilangkan embun di kaca jam tangan yang pertama adalah dengan menjemurnya. Maksud menjemur di sini bukan seperti menjemur pakaian, ya. Jadi Anda hanya perlu menyimpan jam tangan yang berembun di area terbuka yang sirkulasi udaranya bagus dan terkena sinar matahari juga. Anda bisa juga menyimpan jam tangan yang kena air di dekat perapian, belakang kulkas, di taman belakang rumah, dan tempat hangat lainnya. Cuaca hangat dan udara yang mengalir akan menguapkan embun yang terjebak di dalam jam.

2. Bungkus dengan Handuk

Ketika hari sedang hujan terus menerus, tentunya Anda tidak akan bisa menjemur jam yang ada uapnya. Nah, jika begitu, Anda bisa membungkus jam tangan yang berembun terus dengan handuk. Letakkan bagian belakang jam menghadap ke bawah. Simpan handuk di udara terbuka (kalau bisa di tempat yang akan terkena sinar matahari).

3. Hair Dryer

Punya hair dryer di rumah? Anda dapat memanfaatkannya sebagai cara menghilangkan embun di jam tangan. Atur hair dryer dalam tingkat panas paling rendah. Lalu, mulai keringkan jam tangan Anda. Jangan biarkan hair dryer terlalu dekat dengan jam, setidaknya berikan jarak 15 cm.

4. Beras

Anda mungkin sering mendengar saran kalau handphone tercelup ke air, maka simpan saja di tempat beras. Ternyata hal itu berlaku juga untuk jam tangan berembun. Beras dapat menyerap air dengan baik. Makanya, uap pada jam tangan pun dapat hilang tanpa membukanya (casing dan kaca jam) terlebih dahulu.

5. Sinari dengan Lampu

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang selanjutnya adalah dengan menjemur jam di bawah lampu. Anda bisa menggunakan lampu meja atau pun bohlam. Sinari jam hingga embun di dalamnya menghilang.

6. Laptop

Laptop atau komputer sering panas kalau fan-nya tidak berfungsi dengan baik. Selalu ada titik cerah dibalik musibah. Anda bisa memanfaatkan panas dari laptop atau komputer Anda untuk menghangatkan jam tangan supaya embunnya menghilang. Cara yang satu ini memang cenderung lebih lama daripada cara-cara lainnya di atas. Tapi, kalau keadaannya tidak urgent, Anda bisa menaruh jam tangan di samping laptop sambil Anda bekerja.

7. Lilin

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lilin. Lebih baik Anda menggunakan lilin yang sudah pendek atau yang ukurannya memang pendek. Nyalakan lilin, lalu taruh jam tangan yang berembun di dekat lilin tersebut. Mungkin Anda akan memerlukan beberapa batang lilin karena cara ini agak memakan waktu untuk benar-benar menghilangkan embun dari jam tangan.

8. Silica Gel

Desiccant atau yang lebih dikenal dengan nama silica gel berfungsi untuk menyerap lembab agar kondisi barang atau makanan tetap terjaga. Nah, Anda bisa menggunakan silica gel untuk meresap lembab penghasil embun dari jam tangan Anda.

Cara menggunakannya, pertama-tama siapkan 1 – 2 kemasan silica gel, Anda bisa menggunakan silica gel bekas tas, makanan, atau pun bekas barang lainnya. Setelah itu, siapkan toples yang ada tutupnya. Masukkan silica gel dan jam tangan ke dalam toples, lalu tutup rapat-rapat. Biarkan semalaman, lalu lihat hasilnya esok hari.

9. Bongkar Jam

Cara menghilangkan embun di jam tangan yang selanjutnya adalah dengan membongkar jam. Biasanya bagian belakang jam terdapat beberapa skrup kecil. Anda tinggal membukanya menggunakan obeng yang cocok dan jemurlah jam Anda.

10. Buka Kaca

Cara yang terakhir yaitu Anda bisa juga membuka kaca jam tangan buram supaya uap lebih cepat kering. Anda bisa mengelap bagian dalam jam menggunakan kapas atau kain jika air yang ada di dalam jam terlalu banyak.

Itulah 10 cara menghilangkan embun di kaca jam tangan dengan mudah. Lebih menjaga daripada mengobati, tips agar jam tangan tidak berembun, hindarilah membiarkan jam tangan terkena air. Walaupun embunnya tidak banyak, jangan sepelekan embun di dalam jam tangan, karena takutnya bisa merusak bagian dalam jam.

Selamat mencoba!

Produk terbaru

Pengiriman

Rekening Bank